Kanal

Dirikan Tenda di Trotoar, Pemprov Riau akan Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Penampungan

INHILKLIK - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana memindahkan pengungsi Rohingya ke tempat penampungan sementara.

Rencana itu telah dibahas dalam rapat koordinasi terkait fasilitas dan tempat penampungan sementara bagi pengungsi Rohingya, Kamis (16/5/2024) di Gedung Daerah Riau.

Rapat tersebut dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto dan dihadiri Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, serta Forkopimda Riau dan Pekanbaru dan instansi terkait lainnya.

Upaya pemindahan itu mengingat kegiatan mendirikan dan tinggal di tenda darurat di atas trotoar Jalan Wan Datuk Abdul Jamal, atau di sekitaran Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru berpotensi menggangu ketentraman dan kenyamanan masyarakat.

"Saya kumpulkan kita semua di sini karena ingin membahas permasalahan Rohingya yang ada di Pekanbaru. Karena Pemprov Riau mendapat surat dari Kemenko Polhukam untuk pemindahan pengungsi Rohingya ke tempat aman," kata Pj Gubri.

Selain mengganggu ketertiban masyarakat, lanjut Pj Gubri, keberadaan setidaknya 154 pengungsi Rohingya itu juga berpotensi membahayakan keselamatan mereka dari kecelakaan lalu lintas, karena kerap lalu lalang di jalan.

"Mereka itu kan tinggal di belakang MTQ, tentu itu mengganggu pandangan dan juga tidak manusiawi. Buat tenda di atas trotoar, mereka banyak anak kecil tentu mengganggu arus lalu lintas, dikhawatirkan akan menyebabkan kecelakaan," sebutnya.

Pj Gubri menyebut jika pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru, Imigrasi dan pihak keamanan untuk mencari solusi terbaik bagi nasib pengungsi Rohingya kedepannya.

"Nanti kita carikan tempatnya entah itu gedung atau lapangan, yang penting mereka bisa berteduh. Dan kita akan minta bantu pihak Kepolisian, TNI dan lainnya untuk menjaga keamanan," tukasnya.

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER