Kanal

Motor di MotoGP Tak Lagi Gunakan Mesin 1.000 CC, Berlaku Mulai 2027

INHILKLIK - MotoGP akan memberlakukan aturan terbaru pada 2027. Salah satunya aturan mengenai penggunaan mesin yang tidak lagi menggunakan mesin 1.000cc.

Melansir situs resmi MotoGP, Sabtu (8/6/2024), MotoGP memberlakukan peraturan terbaru yang ditetapkan dengan tujuan membuat olah raga balapan ini lebih aman hingga lebih spektakuler.

Mulai tahun 2027, dari ukuran mesin akan dikurangi dari 1.000cc menjadi 850cc. Penurunan ukuran mesin ini lebih mengutamakan penurunan kecepatan sehingga membuat tingkat keamanan olah raga balapan motor menjadi lebih aman.

Kemudian, dari sisi lubang maksimum juga akan mengalami pengurangan dari 81 menjadi 75 milimeter yang juga akan membatasi performa. Kehadiran aturan ini tentu membuat mesin menjadi lebih relevan saat berada di jalan raya.

Kemudian, untuk jumlah maksimum mesin yang diperbolehkan untuk setiap pembalap dalam satu musim juga akan berkurang. Dari tujuh menjadi enam mesin.

Selain itu untuk bahan bakar, maka kapasitas tangki bahan bakar juga akan berkurang dari 22 liter menjadi 20 liter dan untuk pengendara diperbolehkan menggunakan 11 liter selama Tissot Sprint.**

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER