Kanal

36 Persen Zona Musim Indonesia Sudah Masuk Kemarau, Termasuk Riau dan Sumut

INHILKLIK - Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), 36 persen zona musim Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Karenanya, seluruh pihak diingatkan untuk melakukan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir dampak dari potensi kekeringan.

Wilayah yang sudah memasuki musim kemarau meliputi Aceh, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatera Utara.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, kondisi kekeringan diperkirakan akan mendominasi wilayah Indonesia hingga akhir September 2024.

Karenanya, pemerintah daerah (pemda) diingatkan untuk mengoptimalkan pemanenan air hujan, khususnya bagi daerah yang masih mengalami hujan atau dalam transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

"Pemanenan bisa dilakukan melalui tandon-tandon air, embung, kolam retensi, sumur resapan, dan sejenisnya. Selain itu, pola dan waktu tanam harus disesuaikan dengan iklim kering di wilayah terdampak," kata Dwikorita Karnawati dalam keterangan resminya, dikutip Ahad (9/6/2024).

Selain itu, BMKG juga memberikan rekomendasi teknis untuk mitigasi dan antisipasoi kekeringan melalui operasi modifikasi cuaca. 

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER