Kanal

Satu Hektare Lahan di Rumbai Timur Terbakar

INHILKLIK - Lahan di Jalan Pramuka Ujung, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur hangus terbakar, Jumat (25/10/2024) sore.

Api diketahui telah menyala besar sekitar pukul 16.00 WIB dengan melahap rerumputan yang sudah kering karena cuaca panas. Sehingga api pun lebih cepat menyala hingga menyambar bagian ranting-ranting pohon dan dahan yang rendah.

Menanggulangi kebakaran itu, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, Damkar Pos Rumbai, serta Damkar dari Pertamina Rokan Hulu ikut berjibaku memadamkan api.

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Pekanbaru Suhendri mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 4 sore. Pihaknya bersama TNI dan Polri setempat melakukan upaya pemadaman.

"Dalam proses pemadaman, BPBD Pekanbaru menggunakan satu unit mobil Damkar, kemudian dibantu oleh Damkar Pos Rumbai dan Damkar dari PHR," ujar Suhendri.

Ia menyebut, ada sekitar 1 hektare lahan yang terbakar di lokasi itu. Lahan yang terbakar merupakan lahan tidur alias kosong.

Menurutnya, kebakaran terjadi diduga karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Saat ini pihak kepolisian pun sedang menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Dia juga kembali mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan. Jangan membuka lahan dengan cara membakar.

"Apalagi akhir-akhir ini cuaca sangat panas, tentu api sangat mudah membakar lahan kosong yang ditumbuhi rumput," pungkasnya.*

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER