MENU TUTUP

Hingga Juni, Sudah 20 Hektare Luas Lahan Terbakar di Siak

Rabu, 26 Juni 2024 | 12:53:09 WIB
Hingga Juni, Sudah 20 Hektare Luas Lahan Terbakar di Siak

INHILKLIK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak mencatat sudah 20 hektare luasan lahan dan hutan yang terbakar dalam I semester 2024 ini.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Siak, Heriyanto mengatakan hal itu disebabkan oleh fenomena el nino atau peningkatan suhu panas ekstrim yang berdampak pada iklim secara global termasuk di Indonesia.

Loading...

Untuk itu, pemerintah daerah Siak terus melakukan upaya mitigasi (pencegahan) terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) akibat cuaca ekstrim tersebut.

Heriyanto mengatakan saat ini lokasi paling rawan terjadi Karhutla di Kabupaten Siak yakni di Kecamatan Sungaiapit. Dari data yang diterimanya, sejauh ini luas lahan terbakar di daerah itu mencapai 15,74 hektare.

"Ya, Sungaiapit menjadi lokasi prioritas kita sekarang, di sana paling banyak terpantau hotspot (titik panas) dan bahkan titik api," katanya di Kantor Bupati Siak, Selasa (25/6/2026).

Bahkan minggu lalu, lanjut Heriyanto, terjadi Karhutla di Kawasan Tanjung Buton yang dikelola oleh masyarakat setempat seluas 3 hektare.

Atas kejadian itu, pihaknya kemudian melakukan rapat koordinasi pencegahan dan penanganan Karhutla bersama TNI, Polri, Manggala Agni, pihak perusahaan, pemerintah kecamatan, kampung dan semua elemen masyarakat di Kantor Bupati Siak.

"Kondisi Karhutla yang terjadi di Siak masih dalam kategori pasif lah, namun begitu kita tetap upaya bagaimana semua stakeholder ini berperan untuk melakukan pencegahan, karena Karhutla ini tanggungjawab bersama, bukan hanya dari pemerintah bahkan perusahaan wajib terlibat," katanya.

Dalam rakor yang dilaksanakan itu, Heriyanto meminta kepada pemerintah di tingkat kampung untuk aktif melakukan patroli bersama aparat, manggala agni dan masyarakat, jika menemukan adanya titik api segera lakukan pemadaman dan langsung melapor ke BPBD.

Selain itu, Heriyanto juga mengungkapkan saat ini kesiapan pada sarana dan prasarana penanganan Karhutla yang dimiliki BPBD Siak dalam kondisi baik, semua unit dari mobil Damkar hingga peralatan penunjang masih dapat dioperasikan secara optimal.

"Sarpras kita masih maksimal, peralatan masih bagus saat dioperasikan. Begitu juga dengan personil yang siaga dalam penanganan Karhutla," tutupnya.



Loading...

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







InhilKlik.com
di Google+
Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
Loading...
TERPOPULER +
1

Pererat Hubungan Kekeluargaan, AFM Adakan Family Gathering

2

Hingga Juni, Sudah 20 Hektare Luas Lahan Terbakar di Siak

3

HIPMI Optimis Budidayakan dan Angkat Branding Kopi Liberika Inhil

4

PLN Icon Plus dan PLN Nusantara Power Berperan Penting dalam Transformasi Digital dan Energi

5

Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 1,360 Juta Per Gram, Buyback Rp 1,235 Juta Per Gram

6

Harga Emas Antam Naik Tinggi Capai Rp 1,371 Juta Per Gram

7
Tanggapi Keluhan Masyarakat & Maraknya Pemberitaan

Tim Gabungan Cek Diduga Lokasi Judi di Pantai Cermin, Hasilnya Nihil