PT. Ruci Tani Jaya Abadi Berikan Bantuan Benih Padi dan Pupuk di Sergai, Samsuddin Apresiasi

Jumat, 17 Mei 2024

SERGAI, INHILKLIK.COM - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri acara Penyerahan Benih dan Pupuk NPK kepada Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Harapan Desa Pematang Pelintahan oleh PT. Ruci Tani Jaya Abadi, yang dilaksanakan di Dusun IV, Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Sei Rampah, Jumat (17/5/2024).

Turut hadir dalam penyerahan bantuan ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumut yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan M. Juwaini, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Fitriadi, S.Sos, M.Si, Kadis Pertanian Sergai Dedy Iskandar, Sp, MM, pemilik PT. Ruci Tani Jaya Abadi Eko Budiawan, Camat Sei Rampah Fitriani, M.Si, Pj. Kepala Desa Pematang Pelintahan Iqbal Sugondo, S.STP, tokoh masyarakat, dan Ketua GAPOKTAN Harapan Jumain.


Bupati Sergai H. Darma Wijaya, mengatakan bahwa bantuan ini termasuk 265 ton bibit padi untuk 10.000 hektar lahan dan 10 ton pupuk dari PT Rucitani Jaya Abadi, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di daerah Kabupaten Serdang Bedagai.

"Tujuan utama dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas pertanian, dengan harapan dapat meningkatkan hasil panen dari rata-rata 6-6,5 ton menjadi 6-8 ton per hektar. Kemudian pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah, Dinas Pertanian, PPL , dan kelompok tani untuk mencapai tujuan tersebut,"ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Sergai terpilih dan tokoh masyarakat Desa Pematang Pelintahan, Samsuddin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT. Rucitani Jaya Abadi yang telah membagikan bibit padi dan pupuk NPK kepada petani setempat.

"Dengan harapan agar bantuan ini dapat membantu petani dalam mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau dan meningkatkan produktivitas pertanian di daerah ini," ujarnya.

Samsuddin juga menegaskan ketika dirinya duduk di legislatif nanti, akan atensi terhadap sektor pertanian dalam mensejahterakan para petani Kabupaten Sergai khususnya di Desa Pematang Pelintahan.

"Insya Allah kita siap mengawal dan mengawasi penyaluran pupuk bersubsidi dari Pemerintah agar tepat sasaran hingga mencegah kelangkaan pupuk,"pungkasnya.

Eko Budiawan selaku Owner PT Rucitani Jaya Abadi juga menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan upaya untuk membantu petani dalam mengatasi keterbatasan kuota pupuk subsidi.

"Saya berharap bantuan ini dapat membuat petani lebih sejahtera dan tidak kesulitan dalam mendapatkan pupuk di masa mendatang," jelasnya.

Eko juga menjelaskan penyerahan bantuan ini merupakan contoh nyata dari kerjasama antara pemerintah daerah, perusahaan, dan masyarakat dalam mendukung sektor pertanian lokal.

"Diharapkan bantuan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi petani di Desa Pematang Pelintahan dan sekitarnya," tutupnya.