Proyek Jalan Tol Sepanjang 13,5 Km di Riau Mulai Digarap, Pembebasan Lahan Sudah Berjalan

Ahad, 19 Mei 2024

INHILKLIK - Provinsi Riau terus mengupayakan pembangunan infrastruktur jalan tol di daerahnya.

Provinsi Riau diketahui mulai menggarap salah satu proyek jalan tol terbaru yang hadir di bumi lancang kuning di tahun 2024 ini.

Proyek tersebut adalah pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru. Tol ini direncanakan akan memiliki panjang lintasan mencapai 13,5 km.

Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru merupakan rangkaian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Progres terkini dari proyek Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru ini telah memasuki proses pembebasan lahan.

Diketahui, tim penilai harga tanah independen atau appraisal sudah turun ke lapangan untuk bertemu dengan masyarakat.

Tim terkait juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang terdampak pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru.

Sosialisasi tersebut dilakukan di kawasan Rumbai. Proses negosiasi harga lahan terdampak proyek Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru juga telah dilakukan.

Bahkan, ganti rugi tanah terdampak juga sebagian sudah ada yang dibayarkan kepada warga yang bersangkutan.

Proyek Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru sendiri disebutkan juga turut menghajar tanah dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

Melansir kanal YouTube Tollku, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menjelaskan proses ganti rugi tanah Pemko itu tak berupa tanah.

Disebutkan bahwa Kementerian PUPR membelikan tanah di sebelah aset Pemerintah Kota Pekanbaru.

Pihaknya sudah mendiskusikan aset Pemko yang terdampak. Dan tercatat ada beberapa aset Pemko yang terdampak pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru.

Terkait jalan lingkungan yang terdampak Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru, Kementerian PUPR akan mencarikan jalan alternatif.

Sebagai informasi tambahan, Jalan Tol Pekanbaru Rengat seksi Siak 1C bypass Pekanbaru merupakan rangkaian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Ruas Jalan Tol Pekanbaru Rengat ini menjadi salah satu jalan penghubung antara Provinsi Riau dan Provinsi Jambi