ABK Hilang Terjatuh di Sungai Kuala Anak Mandah, Basarnas Lakukan Pencarian

Selasa, 21 Mei 2024

INHILKLIK - Tim Basarnas Pekanbaru mendapatkan laporan adanya kondisi membahayakan manusia, berupa anak buah kapal (ABK) tenggelam di Sungai Kuala Anak Mandah, Desa Belaras, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, pada  Senin (20/5/2024). Korban diketahui bernama Aldi Sapuan yang hingga saat ini masih dalam pencarian.

Kepala Basarnas Pekanbaru Budi Cahyadi mengatakan, pada Selasa (21/5/2024) pukul 07.55 WIB, pihaknya menerima laporan bahwa pada Senin pukul 19.30 WIB terjadi kondisi membahayakan manusia berupa ABK terjatuh di Sungai Kuala Anak Mandah. 

“Korban terjatuh pada titik koordinat perkiraan 0°1'7.55"S 103°36'3.10"E, korban saat itu bersama orang tuanya Raja Umar. Mereka berlayar dari arah Belaras menuju Sei Guntung membawa buah kelapa sesampainya di daerah Kuala Sungai Mandah,” katanya. 

Saat itu, korban membuang air yang berada di dalam Kapal. Sewaktu Raja Umar memanggil anaknya tersebut namun tidak dijawab oleh anaknya. Kemudian, Raja Umar mencari keberadaan korban tapi tidak diketemukan. 

“Setelah itu langsung Pak Raja Umar putar haluan kapal kembali ke arah Belaras guna mencari pertolongan masyarakat,” ujarnya.

Mendapat laporan tersebut, tim Basarnas kemudian langsung melakukan pencarian dengan mengerahkan tujuh orang personil. 

“Dalam upaya pencarian, kami juga dibantu oleh personil dari BPBD setempat,” sebutnya.