Warga Riau, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Akhir Pekan

Ahad, 26 Mei 2024

INHILKLIK - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau di akhir pekan ini, Minggu (26/5/2024).

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Bella Rizki Adelia mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga malam hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Bella, Minggu (26/5/2024).

Ia mengatakan pagi hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi hampir di sebagian besar wilayah Riau.

"Siang hingga sore hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, dan juga Rokan Hilir," cakapnya.

Malam hari hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi.

"Sementara dini hari tak ada potensi hujan, cuaca cenderung berawan," sebutnya.

Lanjut Bella, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu pada pagi hari," sebutnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di Wilayah perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (Rendah).