Peningkatan Produksi Signifikan, Jokowi Tegaskan Blok Rokan 100 Persen Dikelola Anak Bangsa

Ahad, 02 Juni 2024

INHILKLIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kepemilikan dan pengelolaan Blok Rokan sudah 100 persen di tangan Pertamina. Sejak dikelola anak bangsa, produksi minyak di Blok Rokan meningkat signifikan.

"Blok Rokan di Dumai di Provinsi Riau ini sudah 100 persen dimiliki oleh Pertamina, dimiliki oleh negara kita Indonesia, dan dikelola 100 persen oleh anak-anak bangsa sendiri," ujar Jokowi, Sabtu (01/06/2024).

Jika sebelumnya saat dikelola Chevron, Blok Rokan menghasilkan 130 ribu barel minyak per hari, maka setelah diambil alih Pertamina menjadi 162 ribu barel per hari.

"Artinya dikerjakan oleh anak-anak kita sendiri itu terjadi peningkatan dan itu yang baik," kata Jokowi.

Jokowi menetapkan target ambisius untuk meningkatkan produksi menjadi lebih dari 200 ribu barrel per hari. "Saya memberikan target agar bisa di atas 200 (ribu barrel per hari)," kata dia.

Terkait strategi pencapaian target, Jokowi menyatakan Pertamina sudah mulai menggunakan teknologi baru yang menjanjikan. Menurutnya, saat ini teknologi tersebut sudah diimplementasikan pada satu sumur dan menghasilkan produksi yang berlipat.

"Ini akan dikembangkan di sumur-sumur yang lain yang dipilih sehingga nanti produksinya bisa meningkat drastis," tutur Jokowi.

Dia menambahkan, eksplorasi dengan teknologi baru ini akan dilanjutkan tahun ini dengan target dua atau tiga sumur baru pada tahun depan.

"Tahun depan sudah mulai dua atau tiga (sumur)," tutur Presiden, optimis akan kemajuan teknologi dan kemandirian energi nasional.

Dikelolanya Blok Rokan oleh aban bangsa, jadi salah satu alasan pemilihan lokasi upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai, yakni sebagai simbol kedaulatan Indonesia.**