PT GIN Kembali Gelar Sosialsiasi dan Pelatihan Penanggulangan Karlahut

Rabu, 12 Juni 2024

PT GIN gelar simulasi pemadanan Karlahut.

TEMBILAHAN - PT Gutung Idamannusa (GIN) kembali mengelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), Selasa, 11 Juni 2024.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dengan melibatkan Masyarkat Peduli Api (MPA) dan pemerintah dari sembilan desa binaan PT GIN.

Hadir dalam acara tersebut General Manajer PT GIN Darman beserta jajaran, Camat Mandah, Camat Pelangiran, Kapolsek Mandah, Kapolsek Pelangiran, Kapolsek Gaung, dan Danramil Pelangiran serta Danramil Mandah, para kepala desa dan MPA Desa binaan perusahaan yaitu Desa Tanjung Simpang, Simpang Kateman, Pelanduk, Surayya Mandiri, Sepakat Jaya, Teluk Merbau,  Desa Bantayan, Lahang Hulu dan Belantaraya.

Para peserta kegiatan diberikan pembekalan pengetahuan tentang cara pencegahan penanggulangan Karlahut serta pemahaman dari sisi hukum.

Selain diberikan upgrading teori, para peserta juga langsung menggelar simulasi cara memadamkan api ketika terjadi Karlahut yang sesuai dengan SOP dengan menekankan pada aspek keselamatan.

General Manajer PT GIN Darman mengatakan kegiatan tersebut sebagai komitmen perushaan dalam menjaga lingkungan dan mengantisipasi bencana Karlahut yang rawan terjadi di lahan gambut.

“Kita selalu berupaya semaksimal mungkin agar zero Karlahut di wilayah sekitar kita,” ujar Darman.

Sementara itu Kepala BPBD Inhil Raja Arliansyah mengapresiasi PT GIN yang secara rutin dan berkelanjutan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan pencegahan Karlahut.

“Harapan kita kegiatan ini terus dilaksanakan sebagai bentuk tanggungjawab bersama antar pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam mencegah dan penaggulangan bencana khususnya karhutla di Kabupaten inhil,” pungkas Arliansyah.