Presiden Jokowi Salat Iduladha dan Berkurban Sapi 1,23 Ton di Semarang

Ahad, 16 Juni 2024

INHILKLIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan melaksanakan salat Iduladha 1445 Hijriah pada Senin (17/6/2024) di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Selain melaksanakan salat Iduladha, Jokowi akan melanjutkan kegiatan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jantan jenis Limosin berbobot 1,23 ton kepada panitia.

Ketua PP MAJT, KH Noor Achmad dari Tanah Suci mengatakan sehubungan rencana kehadiran Presiden Jokowi, pengelola MAJT terus berbenah dan menyiapkan diri. Rencana kedatangan Presiden Jokowi di MAJT disambut antusias oleh segenap jemaah dan masyarakat Jawa Tengah. Kedatangannya akan menjadi momen kebanggaan bagi umat Islam di Jawa Tengah.

“Kehadirannya beliau di MAJT sudah lama ditunggu masyarakat Jawa Tengah, khususnya jemaah MAJT dan alhamdulillah akan terwujud saat salat Iduladha nanti,” jelasnya pada Sabtu (15/6/2024).

Menurutnya, kehadiran Jokowi di MAJT akan semakin memperkuat posisi MAJT yang selama ini konsisten menggelorakan ke-Indonesiaan dan Islam damai dan toleran untuk semua umat manusia, hingga MAJT dikenal dunia sebagai pelopor gerakan moderasi beragama.

MAJT merespons dengan syukur atas rencana kedatangan Presiden Jokowi dengan mempercantik dan memperindah pada semua lini, di area seluas 10 hektare.

“PP MAJT ingin Presiden Jokowi harus nyaman selama di MAJT, sekaligus akan berbaur dengan semua jemaah yang diperkirakan mencapai 30.000 orang,” katanya.

Rencana Agenda di MAJT, seusai salat Idul Adha dengan petugas khotib Rais PCNU Kota Semarang, KH Hanief Ismail topik yang akan disampaikan “Idul Adha 1445 Hijriyah, Momentum Meneguhkan Kesetiakawanan Sosial” serta Imam Salat KH Ulil Abshor, Al-Hafidz, dengan reputasi juara qori internasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Iduladha MAJT H Isdiyanto Isman menambahkan, sapi kurban Presiden Jokowi di MAJT berjenis limosin, dengan bobot 1,23 ton, berusia 4 tahun. Sapi tersebut nantinya akan tiba pada Minggu (16/6/2024) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Sapi akan tiba di MAJT setelah menjalani dua kali tes kesehatan.

Sapi kurban milik Jokowi dibeli dari peternak bernama Sutikno yang beralamat di Desa Jagir, Kelurahan Jagir Walen, Kecamatan Giriwarto, Kabupaten Wonogiri. Presiden Jokowi memesan tiga ekor sapi kepadanya untuk dikirim ke MAJT, Solo, dan Wonogiri.