Hari Ini 7.973 Jemaah Haji Diterbangkan ke Tanah Air

Ahad, 23 Juni 2024

INHILKLIK - Hari ini, Sabtu, 22 Juni 2024 terdapat 20 kelompok terbang (kloter) dijadwalkan terbang dari Jeddah menuju Indonesia. Sejumlah 7.973 jemaah haji akan segera tiba di Tanah Air.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M telah memasuki hari ke-42. Hari ini operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air resmi dimulai.

Hal ini disampaikan Widi Dwinanda, petugas Media Center Haji saat menyampaikan keterangan yang disiarkan langsung melalui Youtube channel Kementerian Agama (Kemenag) RI.

"Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang atau kloter 1 mengawali fase pemulangan jemaah haji Indonesia. Mereka diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah," kata Widi.

Jemaah yang perdana pulang berasal dari kloter Surabaya SUB 01 yang telah take-off menuju Indonesia pukul 03.15 Waktu Arab Saudi (WAS).

Selain jemaah haji kloter 01 asal embarkasi Surabaya, hari ini juga telah dipulangkan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 embarkasi Solo atau SOC 02 dengan 360 jemaah serta 5 petugas.

Jemaah haji asal Temanggung dan Magelang ini diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.

"Secara keseluruhan, hari ini, Sabtu 22 Juni 2024 terdapat 20 kelompok terbang dengan jumlah yaitu 7.973 jemaah haji telah dan akan diterbangkan ke tanah air," tegas Widi.

Dalam kesempatan ini, Widi juga menyampaikan imbauan dari PPIH bagi seluruh jemaah haji agar selalu mematuhi aturan yang berlaku.

"Jemaah haji diimbau agar mematuhi ketentuan otoritas penerbangan Arab Saudi yaitu untuk tidak membawa barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan, seperti air zamzam di dalam ukuran dan kemasan apapun serta barang bawaan lain yang dilarang dalam penerbangan," jelas Widi.

Ketentuan tersebut sepenuhnya demi keselamatan penerbangan dan juga penumpang.

Sejalan dengan kepulangan jemaah dari tanah suci, sebanyak 14 asrama haji di tanah air telah menyiapkan layanan kedatangan para tamu Allah.

Asrama haji menyiapkan layanan akomodasi penginapan bagi jemaah haji yang tidak langsung pulang ke rumah atau menunggu jemputan keluarga.

Berikut rincian jemaah haji yang pulang ke Indonesia:

Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1484 jemaah atau 4 kloter
Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 jemaah atau 1 kloter
Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 1226 jemaah atau 3 kloter
Embarkasi Palembang (PLN) sebanyak 450 jemaah atau 1 kloter
Embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 jemaah atau 1 kloter
Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 880 jemaah atau 2 kloter
Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 jemaah atau 1 kloter
Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 880 jemaah atau 2 kloter
Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1440 jemaah atau 4 kloter
Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 jemaah atau 1 kloter