Diserahkan ke JPU, Eks Pimpinan dan Pegawai BNI Bengkalis Ditahan

Kamis, 27 Juni 2024

INHILKLIK - Tiga tersangka dugaan korupsi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BNI Cabang Pembantu Operational Banking Office (OBO) Bengkalis diserahkan ke jaksa. Mereka dijeloskan ke Rutan Kelas I Pekanbaru, Rabu (26/6/2024).

Para tersangka yakni Romy Rizki, mantan Kepala BNI Cabang Pembantu OBO Bengkalis serta Doni Suryadi dan Eko Ruswidyanto yang merupakan mantan pegawai di bank yang sama.

Penahanan dilakukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) saat proses tahap II yakni penyerahan tersangka dan barang bukti oleh penyidik Subdit II Reskrimsus Polda Riau di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Rabu petang.

"Tim JPU menerima pelimpahan tahap II dari penyidik Polda Riau terkait perkara dugaan korupsi penyaluran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) di salah satu bank BUMN di Bengkalis," ujar Pelaksana tugas Kepala Seksi Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Iwan Roy Charles.

Saat tahap II itu, Tim JPU memeriksa kelengkapan berkas perkara dan barang bukti. Juga dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tersangka.

"Ketiga tersangka dinyatakan sehat, dan dilanjutkan dengan penahanan di Rutan Pekanbaru untuk 20 hari ke depan," kata Roy.

Sembari itu, Tim JPU akan menyiapkan admistrasi pelimpahan berkas perkara ke pengadilan. Salah satunya, surat dakwaan.

"Dalam waktu dekat, berkas perkara alam dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru untuk disidangkan," pungkas Roy.

Kasus berawal pada tanggal 22 hingga 23 Juni 2023. Ketika itu Kontrol Internal Bank melakukan pengolahan data portepel kredit pada unit kerja wilayah tugas di Bank BNI Cabang Pembantu OBO Bengkalis dengan cara melakukan pemanggilan (call) secara acak terhadap 16 debitur berdasarkan nomor handphone yang tercantum dalam sistem icons maupun aplikasi eLo.

Hasilnya, ditemukan adanya pemberian fasilitas KUR tidak sesuai ketentuan. Atas temuan tersebut Satuan Audit Internal Bank Kantor Pusat kemudian melakukan audit secara menyeluruh terhadap debitur yang menerima fasilitas bank.

Dari audit itu, ditemukan 654 debitur yang digunakan nama atau identitasnya dalam pengajuan KUR untuk keuntungan pihak lain atau pihak ketiga dengan total penyaluran sebesar Rp65.200.000.000 pada Oktober 2020 hingga Juni 2022.

Petugas Bank BNI Cabang Pembantu OBO Bengkalis yang menyalurkan KUR tidak melakukan verifikasi kebenaran debitur berikut usaha serta aset yang menjadi jaminan.

Sebelumnya, Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Nasriadi menyebut, analisa dilakukan hanya berdasarkan kelengkapan data-data yang diberikan oleh pihak lain/pihak ketiga yang diuntungkan atas penyaluran KUR tersebut sehingga menimbulkan kerugian pada bank sebesar Rp46.617.192.219.

"Dalam kasus ini tersangka TR selaku Pemimpin Bank BNI Kantor Cabang Pembantu OBO Bengkalis periode bulan Agustus 2020 sampaj bulan April 2021 bertindak sebagai pemutus menyetujui usulan pembiayaan KUR kepada 198 debitur perorangan," kata Nasriadi.

Masing-masing debitur mendapat kredit sebesar Rp 100 juta untuk pembelian kebun kelapa sawit seluas 2 hektar dari Doni Suryadi selaku Penyelia Pemasaran untuk dapat diberikan pembiayaan dalam bentuk kredit (lending) yang diduga tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada PT Bank BNI dan uang pencairan KUR tidak digunakan oleh masing-masing debitur,.

Para tersangka disangkakan dengan Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 3 Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Rai Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana.**