Waspada Hujan Disertai Petir Bakal Mengguyur Sebagian Wilayah Riau Akhir Pekan Ini

Sabtu, 29 Juni 2024

INHILKLIK - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir pada malam hari berpotensi mengguyur Riau, Sabtu (29/6/2024).

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Bella RA mengatakan, hujan akan mengguyur sebagian wilayah Riau di pagi, siang hingga dini hari.

"Pada pagi hari, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Bengkalis dan Kepulauan Meranti," katanya.

Kemudian, pada siang hingga sore hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di Rokan Hilir, Pelalawan, Indragiri Hilir, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar,  Kuantan Singingi, Rokan Hulu, dan Kota Dumai.

Selanjutnya, kata Bella, pada malam hingga dini hari diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar,  Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, dan Kota Pekanbaru dan Siak.

Peringatan dini dikeluarkan BMKG dan meminta masyarakat untuk waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu,  Kampar, Pelalawan, Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru pada siang atau sore dan malam atau dini hari.

"Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 60– 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 km/jam," katanya.

Sementara, Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara  0.01 - 0.50  meter (Rendah).