Berpeluang Diusung Meski Tak Daftar Penjaringan, PDIP Riau Sebut SF Hariyanto Sahabat Semua Partai

Sabtu, 29 Juni 2024

INHILKLIK, - Peta politik menuju Pemilihan Gubernur Riau November 2024 mendatang semakin menarik untuk disimak.

Belakangan, meski tak berseliweran mendaftar dalam proses penjaringan partai tingkat provinsi, nama Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto terus berhembus sebagai salah satu kandidat yang bakal mendapatkan perahu partai untuk maju, salah satunya dari partai besar, PDI Perjuangan.

Terkait isu tersebut, Bendahara DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Ma'mun Solikhin mengatakan, memang nama SF Hariyanto tidak mendaftar dan masuk dalam penjaringan di tingkat provinsi, namun ia juga tak menampik bahwa jika SF berkeinginan maju, proses tidak tertutup, karena masih bisa dilakukan langsung pedaftaran ke DPP partai.

Selain itu, Dr Panca menambahkan untuk Pilkada Riau, tidak ada satu partai politik yang bisa berlayar sendiri tanpa membangun koalisi.

"Dari pergerakan para kandidat terlihat mengerucut ke nama-nama seperti Syamsuar, M. Nasir, Abdul Wahid, dan Edi Natar," ujarnya.

Namun, Dr Panca juga menyoroti bahwa dinamisasi politik semakin marak dengan munculnya kompatriat seperti HM Haris, Syamsurizal dan fenomena terbaru yang menarik perhatian, yaitu munculnya baliho Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto di berbagai sudut kota.

Menurutnya, kemunculan baliho ini menandakan bahwa SH Hariyanto mulai dipertimbangkan sebagai salah satu calon potensial dalam kontestasi Pilkada Riau.

"Munculnya baliho SF Hariyanto di berbagai sudut kota menunjukkan dinamika baru dalam peta politik Riau dan menambah maraknya persaingan," tambah Dr Panca.

Ia semakin yakin bahwa format koalisi ini semakin menarik karena episentrum politik masih di pusat, sehingga siapa yang bisa menaklukkan pusatlah yang akan mendapatkan rekomendasi.

"Komunikasi politik di pusat sangat sulit untuk diraba, karena perbincangan mengenai hal ini sering kali berlangsung di ruang-ruang gelap yang hanya diketahui oleh segelintir elit saja," jelas Dr Panca.

Dengan membaca kondisi dan peta politik yang ada, Dr Panca menduga masih akan terjadi perubahan peta politik menjelang pendaftaran calon di bulan Agustus 2024 nanti.

"Bisa jadi yang digadang-gadang justru hilang dan yang bergerak dalam senyap justru muncul dengan segala kejutannya," pungkasnya

Menarik untuk disimak langkah Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dalam konstalasi politik Riau kedepannya.