Stok Minyak Mentah di AS Turun, Harga Naik 1 Persen

Kamis, 04 Juli 2024

INHILKLIK, - Harga minyak naik sekitar 1% pada Rabu (4/7/2024) setelah dikeluarkannya laporan penurunan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) yang lebih besar dari perkiraan.

Dilansir dari Reuters, harga minyak mentah Brent naik US$ 1,10 atau 1,3% menjadi US$ 87,34 per barel, sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik US$ 1,07 atau 1,3% menjadi US$ 83,88 per barel.

Di sisi lain, kenaikan ini juga dibatasi oleh kekhawatiran akan peningkatan persediaan global dalam perdagangan yang sepi menjelang libur Hari Kemerdekaan AS.

Produksi OPEC pada Juni 2024 meningkat untuk bulan kedua berturut-turut, yang membebani harga minyak. Pasokan yang lebih tinggi dari Nigeria dan Iran mengimbangi dampak pemotongan pasokan sukarela oleh anggota lainnya dan aliansi OPEC+.

"OPEC+ dilaporkan telah meningkatkan produksi pada Juni 2024 meskipun ada janji untuk mempertahankan kuota hingga kuartal ketiga, dan kekhawatiran yang masih ada mengenai pemulihan yang lambat di Tiongkok mengirimkan sinyal pesimistis," kata Kelty dari Panmure Gordon.

Di sisi lain, pertumbuhan bisnis secara keseluruhan di seluruh zona Euro juga melambat tajam bulan lalu. China sebagai importir minyak mentah terbesar mengalami perlambatan aktivitas ekonomi yang bisa merusak permintaan minyak.